Buang Sampah Pada Tempatnya 7 Warga Ini Malah Diadili

Brosis, Setelah kemarin sibuk di dunia nyata, sekarang saya sempatkan untuk corat coret diblog yang masih berantakan ini. Peristiwa ini terjadi di DIY tepatnya di kabupaten sleman,Tujuh warga tersebut masing-masing Yohanes Nico Prabowo, Sumarni, Rochmad Eko, Waldi, Dedi Susanto, Irwan Widiyanto dan Ade Kurniasih. Mereka tertangkap tangan saat membuang sampah rumah tangga tidak pada tempatnya. berikut kronologi kejadiannya yang dikutip dari Inilah com.

“Selama ini sudah terbiasa membuang sampah di Depo Transit Sampah Pogung karena banyak warga sekitar yang juga melakukan hal sama,” katanya. Menurut dia, selain menilai di sana merupakan lokasi khusus pembuangan sampah, tidak ada petugas yang menarik sampah di lingkungan kos-nya saat ini. “Daripada saya buang sampah sembarangan, di sungai atau trotoar, saya buang di depo sampah itu. Seharusnya, masyarakat umum juga boleh membuang di sana,” katanya. Sementara itu, Sumarni, warga Sinduadi, Mlati, mengaku dirinya baru mengontrak rumah satu bulan di kawasan tersebut. “Selama seminggu saya perhatikan banyak yang buang sampah di sana. Saya juga melakukannya karena itu depo sampah,” katanya.

recycle-309974-640.pnggambar ilustrasi

Dan ternyata menurut Kepala Seksi Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Rusdi Rais menegaskan bahwa Perda 14/2007 melarang warga untuk membuang sampah di depo. Hal itu karena depo transit sampah itu digunakan untuk sampah-sampah yang ditarik retribusi, baik dari RT/RW maupun lingkungan setempat. “Kalau masyarakat umum membuang sampah di Depo, dikhawatirkan tidak akan ada warga yang membayar retribusi sampah. Aturannya memang tidak boleh, sebab Warga membayar iuran dan retribusi sampah kepada petugas,” katanya. Karena melanggar perda tersebut akhirnya Hakim PN Sleman menjatuhkan pidana denda masing- masing Rp200.000 atau tujuh hari kurungan, dengan membayar biaya perkara Rp1.000.

Denda tersebut menurut pak Rusdi Rais nilainya masih kecil dibandingkan dengan denda maksimal yang ditentukan Perda tentang sampah yaitu sebesar Rp.50 juta brosis :), wah lumayan juga ya….

Ooo … begitu kejadiannya, nah kalau yang buang sampah sembarangan seperti disungai, ditempat2 umum itu juga bisa diadili dong, kejadian diatas sepertinya warga sudah buang sampah pada tempatnya, mungkin karena ketidaktahuan tentang perda sampah. bagaimana kalau menurut bro sis….

semoga bermanfaat

Sumber Inilah.Com.

Iklan

14 comments

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s