Mengenal Prof. Dr. Samaun Samadikun Yang Jadi Google Doodle Hari Ini

prof-dr-samaun-samadikun.pngSoelarblog– Brosist, Google hari ini dalam rangka memperingati HUT Prof. Dr. Samaun Samadikun, menjadikan beliau sebagai Google Doodle dihalaman pencarian Google. Pengertian Google Doodle sendiri adalah adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang support Google.

Lalu siapa sebenarnya Prof. Dr. Samaun Samadikun? Beliau adalah seorang Insinyur, Pendidik, dan Ilmuwan Indonesia yang lahir di Magetan, Jatim, pada tanggal 15 April 1931.

Berawal dari mahasiswa Jurusan Teknik Elektro di ITB pada awal tahun 1950an dan lulus sebagai insinyur. Beliau kemudian memperoleh gelar M.Sc. pada tahun 1957 dan gelar Ph.D. pada tahun 1971 di bidang teknik elektro dari Universitas Stanford di Amerika Serikat . Beliau juga memperoleh Postgraduate Diploma bidang Nuclear Engineering dari Queen Mary, Universitas London pada tahun 1960. Di Universitas Stanfordi pada tahun 1975, bersama K.D Wise, Prof. Samaun menciptakan paten, US Patent No 3,888,708 yang bertajuk, “Method for forming regions of predetermined thickness in silicon”.

Kemudian beliau menjadi dosen di jurusan teknik elektro di ITB pada tahun 1957. Semasa bertugas di ITB beliau pernah menjabat sebagai ketua Jurusan Teknik Elektro pada tahun 1964-1967 , dan mendirikan sekaligus menjabat sebagai direktur pertama dari Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroelektronika ITB.

Beliau sempat cuti dari mengajar di ITB untuk menerima jabatan pada pemerintah pusat sebagai Direktur Binsarak DIKTI pada tahun 1973-1978, Dirjen Energi, Departemen Pertambangan dan Energi pada 1978-1983, dan ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI pada tahun 1989-1995. Selepas masa jabatan di LIPI, Prof. Samaun Samadikun memutuskan untuk kembali ke ITB untuk mengajar di Departemen Teknik Elektro dan meneliti di PAU Mikroelektronika.

Pada tahun 1986 beliau adalah salah satu pendiri dari Akademi Ilmu Pengetahuan Islam dan salah satu pendiri Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia . Dan beliau juga sempat menjadi Anggota MPR RI pada tahun 1987-1992 sebagai Utusan Golongan . Beliau juga penulis dan turut menulis banyak publikasi ilmiah nasional maupun internasional dalam bidang tunnel diodes , instrumentasi nuklir , fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan serta editor buku “mikroelektronika”. Ia juga memprakarsai program Bandung High Technology Valley (BHTV).

Pada tanggal 15 November 2006 akhirnya beliau wafat di Jakarta karena sakit yang dideritanya kemudian di makamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Semoga bermanfaat

Sumber Wikipedia

Iklan

19 comments

  1. hebatnya bapak Dr. Prof. Samaun Samadikun, seorang pendidik, insinyur, ilmuwan bahkan juga penulis
    di ultahnya ini menjadi google doodle, salah satu putra terbaik negeri ini

    makasih sharenya

    Suka

  2. Hebat banget Dr. prof. Samaun Samadikun sampai bisa dijadiin Google Doodle. Bentar saya cek google dulu lihat gambarnya sendiri biar tambah mantep 🙄
    Btw rumah saya juga gk jauh dgn pemakaman beliau

    Suka

  3. Saya smpai 2 kali baca gan baru paham.. Awalnya ane kira beliau bekerja di google, eh ternyata bukan kesitu maksudnya.. Dan sekarang saya sudah paham gan

    Suka

  4. Ohh pntesan google suka gunta ganti foto headernya .. Jdi untuk ini tok…
    Mkasich bermanfaat bnget…

    Mamvir… Yahk,,,

    Suka

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s