Kebiasaan Buruk Pengendara Motor Yang Tidak Patut Di Tiru

Soelarblog– Brosist, Masyarakat Indonesia banyak menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari mereka karena alasan praktis, selain itu dengan naik sepeda motor bisa mempercepat waktu tempuh di tengah-tengah kemacetan kota yang semakin hari semakin macet.

Namun tanpa di sadari banyak pengendara motor yang kurang kesadarannya untuk tertib dalam berlalu lintas. Akibatnya banyak kecelakaan di jalan raya yang korbannya kebanyakan pengendara motor. Menurut data, sepeda motor menjadi penyumbang tertinggi angka kecelakaan yakni sebanyak 56% atau 5.036 kejadian dari total 9.002 kejadian kecelakaan.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan dari laporan Word Health Organization/WHO pada 2013 bahwa kecelakaan jalan raya pada anak-anak usia 5-14 tahun menjadi penyebab kematian kedua setelah infeksi pernafasan. Dan menurut data Polda Metro Jakarta Raya yang menyebutkan bahwa selama tahun 2014, sekitar 309 anak berusia 0-10 tahun terlibat kecelakaan lalu lintas.

Seharusnya para orang tua bisa memberi pemahaman kepada anaknya bahwa di umur antara 10 tahunan belum boleh mengendarai sepeda motor di jalan raya, walaupun sebenarnya anak sudah bisa menggunakan sepeda motor. Karena belum memenuhi syarat untuk berkendara di jalan raya, bagaimana tidak dari segi umur syarat untuk mendapatkan SIM saja sudah gagal dan di tambah usia anak segitu masih belum bisa mengendalikan emosi yang masih labil.

Hal tersebut di atas merupakan salah satu cermin kurangnya kesadaran kita dalam berlalu lintas di jalan raya dan masih banyak lagi bentuk pelanggaran yang kita dapati pada pengguna motor di jalan raya yang berakibat kecelakaan. Di bawah ini kebiasaan pengendara motor yang di anggap sudah biasa padahal hal tersebut merupakan pelanggaran dalam berlalulintas dan tidak patut di tiru.

Berikut Ini Kebiasaan Buruk pengendara Motor

  1. Mengendarai motor tidak memakai helm

    naik-motor-tidak-pakai-he.jpg

    Padahal helm adalah salah satu perlengkapan wajib pada pengguna sepeda motor. Kegunaan helm adalah sebagai pelindung kepala dari benturan akibat terlibat kecelakaan atau terjatuh.

  2. Mengendarai motor dengan penumpang lebih dari dua orang

    bonceng-tiga-lebih.jpg

    Sepeda motor di rancang dengan jumlah penumpang 2 orang saja. kalau di buat boncengan lebih dari 2 orang tentu pengendalian motor akan jadi lebih berat.

  3. Mengendarai motor sambil main handphone

    main-hp-saat-naik-motor.jpg

    Mengendarai motor sambil main handphone dapat membuyarkan konsentrasi kita dalam mengendalikan motor, sebab mengendarai sepeda motor butuh konsentrasi penuh.

  4. Lupa mematikan lampu sein setelah belok arah

    sein-kanan-belok-kekiri.jpg

    Lupa mematikan lampu sein setelah belok arah bisa membuat pengendara lain di belakang atau depan bingung, sebab fungsi lampu sein adalah sebagai isyarat jika kita ingin belok. Tapi motor sudah jalan lurus lampu seinnya masih tetap menyala.

  5. Mengendarai motor di atas trotoar

    naik-motor-di-trotoar.jpeg

    Karena jalanan macet, pengendara motor yang tidak mau antri menyerobot trotoar sebagai jalur motornya agar bisa terhindar dari macet. Padahal fungsi trotoar adalah khusus untuk pejalan kaki.

  6. Melanggar marka zebra cross saat di lampu merah

    melanggar-marka-zebra-cro.jpeg

    Melanggar marka zebra cross saat di lampu merah merupakan salah satu pelanggaran yang mengambil hak pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan.

  7. Mengendarai motor sambil merokok

    naik-motor-sambil-merokok.jpg

    Mengendarai motor sambil merokok bisa membahayakan diri sendiri maupun pengendara yang lain. lebih fatal lagi kalau puntung rokok menyambar bensin motor yang di kendarai misal motornya ada kebocoran bensin dan bisa menyebabkan kebakaran.

Itulah beberapa kebiasaan buruk pengendara motor yang tidak patut untuk di tiru. Sebenarnya masih banyak lagi pelanggaran yang di lakukan pengendara motor yang mengakibatkan kecelakaan. Karena sebuah pelanggaran sekecil apapun bisa berakibat fatal. Mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Sumber gambar dari Google

Iklan

30 comments

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s