Rencana Indonesia Gelar Dua Seri MotoGP Dalam Semusim

motogp-indonesia-2-musim.jpegSoelarblog – Brosist, Rencana Negara Indonesia yang akan menjadi tuan rumah balap motor bergengsi di dunia MotoGP semakin mendekati kenyataan, Setelah gagal menjadikan sirkuit jalanan GBK yang akan di gunakan untuk balap MotoGP kini pihak Kemenpora kembali ke rencana awal yaitu menggunakan sirkuit sentul untuk balap motoGP tahun 2017.

Kepastian bahwa sirkuit sentul yang akan di gunakan sebagai sirkuit resmi balap motor MotoGP 2017 tersebut di perkuat dengan pernyataan Imam Nahrawi selaku Kemenpora bahwa sirkuit sentul menjadi pilihan utama untuk menggelar balap MotoGP 2017 dan untuk melakukan renovasi sirkuit sentul seminimal mungkin menggunakan ABPN, Seperti yang di kutip dari CNN Indonesia Imam Nahrawi menuturkan, “Kabar yang menggembirakan adalah pihak Sentul ingin seminimal mungkin menggunakan APBN. Kecuali mungkin di (bagian) commitment fee dengan pihak Dorna sebagai kewajiban promosi (yang) akan menjadi tanggung jawab pemerintah.”

Untuk merenovasi sirkuit sentul di butuhkan dana yang tidak sedikit di perkirakan mencapai 180 miliar. Namun menurut pihak pengelola sirkuit sentul, mereka siap menggandeng pihak swasta. Dengan demikian, pemerintah hanya akan fokus pada commitment fee sebesar 23,4 juta Euro untuk tiga musim beruntun, yaitu MotoGP 2017, 2018, dan 2019.

Selain sirkuit sentul yang siap menggelar balap MotoGP, Pemerintah juga merencanakan membangun sirkuit MotoGP di palembang dan jika terealisasi di bangun tahun ini maka tahun 2018 bisa di gunakan untuk balap MotoGP. Terasa percuma bila Indonesia hanya mendapat jatah satu seri dalam semusim mengingat dana untuk membangun sirkuit MotoGP tidak sedikit.

Seperti pernyataan dari Kemenpora Imam Nahrawi , “Kami juga sedang minta pada IMI (Ikatan Motor Indonesia) agar nanti balapan di Indonesia tidak hanya dipakai untuk satu race saja dalam semusim. Jadi semusim dua kali seperti di Eropa.”

Sebuah langkah yang patut di apresiasi dan di dukung, Setidaknya sebagai warga negara Indonesia patut bangga dengan rencana pemerintah menghadirkan balap kelas dunia MotoGP. MotoGP di Indonesia pasti seru Brosist:)

Semoga bermanfaat

Iklan

15 comments

  1. Yup, paling tidak sirkuit sentul ini tidak hanya direncanakan buat MotoGP, paling tdk ada target lain sebagai sirkuit untuk F1, GP2. sedikit demi sedikit lama2 jadi bukit.

    Indonesia jangan mau kalah dgn negara tetangga. Saya tunggu nama "SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT"!

    Suka

  2. @Ukhty Nur Maya,
    Paling tidak akan menambah pemasukan negara dari penonton MotoGP seluruh dunia yang masuk ke Indonesia.

    Suka

  3. ya. Tentu, aku setuju sama postingannya. Jika saja tanpa di perbaiki, sirkuit sentul tak layak di pakai balapan GP yang bergengsi itu. Yaa aku kan taunya kalo sirkuit itu hanya hiburan, muehehehehe.

    Suka

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s