Tips Mudik Aman Pakai Sepeda Motor, yang Harus di Ketahui

tips-mudik-pakai-motor.jpggambar okezone.com

Soelarblog– Brosist, Tidak terasa ibadah puasa ramadhan tahun ini sudah berjalan selama lima hari. Ritual tahunan yang selalu mengiringi ibadah puasa bulan ramadhan tidak lain tidak bukan adalah acara mudik bagi para perantau yang ingin merayakan lebaran dikampung halaman mereka.

Memasuki akhir-akhir bulan ramadhan pemudik mulai memadati jalan-jalan raya meninggalkan kota dimana mereka mencari nafkah untuk kembali ke kampung halaman masing-masing dengan menggunakan berbagai model transportasi dari pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus dan sepeda motor.

Fenomena yang terjadi jika musim mudik telah tiba adalah harga ongkos jasa tranportasi yang naik dua kali lipat dari harga hari-hari biasa, Hal inilah yang menjadi alasan para pemudik lebih memilih sepeda motor sebagai alternatif untuk mengantarkan mereka kekampung halaman.

Mudik dengan sepeda motor mungkin lebih hemat namun resiko kecelakaan dijalan raya lebih tinggi. Angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor saat musim mudik lebaran pada tahun 2014 saja mencapai 2.900 lebih kasus. Meskipun mudik dengan sepeda motor tidak dianjurkan oleh pemerintah dengan alasan keamanan, namun banyak pemudik masih saja menggunakan sepeda motor.

Jika Anda terpaksa mudik dengan sepeda motor maka yang perlu diperhatikan adalah soal keamanan dan keselamatan berkendara hingga sampai ke kampung halaman. Berikut kami coba bagikan beberapa tips mudik aman pakai sepeda motor.

Tips Mudik Aman Pakai Sepeda Motor

Persiapan sebelum berangkat mudik

  1. Pastikan rumah yang akan tinggal mudik sudah dalam keadaan terkunci dengan benar.
  2. Jangan lupa mencabut regulator tabung gas dan cabut peralatan yang menggunakan sumber listrik dari stop kontak.
  3. Titipkan nomor kontak telepon yang bisa dihubungi kepada tetangga atau kerabat yang tidak mudik, agar lebih mudah dihubungi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  4. Jangan lupa membawa perlengkapan dokumen data diri seperti KTP, SIM dan STNK sepeda motor.
  5. Membawa perbekalan selama diperjalanan baik itu uang maupun makanan dan minuman.
  6. Persiapkan kotak obat-obatan P3K seperti plester, perban, betadine, dll.

Persiapan kendaraan dan kelengkapan sepeda motor

  1. Periksa kondisi ban motor apakah kembangan sudah aus atau belum jika sudah aus ganti dengan ban yang baru dan jangan lupa membawa ban dalam sebagai cadangan jika terjadi seuatu yang tak diinginkan.
  2. Cek kondisi oli mesin pada motor pastikan oli mesin tidak berkurang dari takaran kapasitas mesin, jika oli mesin sudah waktunya ganti lebih baik diganti saja dengan oli baru.
  3. Periksa jarak pengereman apakah ketebalan kampas rem sudah aus atau belum. kemudian untuk motor yang menggunakan rem cakram pastikan minyak rem masih penuh dan tidak berkurang.
  4. Periksa kerenggangan rantai motor dan pastikan rantai masih dalam keadaan baik. Untuk motor matic lebih baik ganti van belt sesuai jadwal yang ditentukan oleh pabrikan motor, Biasanya motor matic merek Honda setelah menempuh jarak 24.000 km diharuskan mengganti van belt. Untuk merek motor lain mungkin bisa berbeda tapi selisihnya tidak berbeda jauh.
  5. Pastikan posisi kemudi atau setang sepeda motor dalam keadaan baik dan kedua kaca spion pastikan telah terpasang.
  6. Periksa lampu-lampu sepeda motor seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem pastikan bekerja dengan baik.
  7. Service atau tune up mesin sepeda motor ke bengkel.
  8. Siapkan kunci busi, obeng, serta siapkan cadangan busi, lampu, ban dalam, jas hujan dan oli mesin.
  9. Pakailah helm berstandar SNI, masker dan sarung tangan.
  10. Pakailah jaket tebal, celana panjang yang bebahan tebal dan sepatu untuk melindungi dari terpaan angin.
  11. Jangan membawa barang muatan melebihi kapasitas motor yang mengakibatkan handling motor tidak stabil.
  12. Jika membawa anak kecil pastikan memberinya perlengkapan seperti helm kecil dan jaket.
  13. Pastikan keadaan tubuh fit dan sehat jika keadaan tubuh tidak fit jangan dipaksakan mudik dengan motor.
  14. Sebaiknya mudik lebaran membuat kelompok atau rombongan rekan sekampung halaman agar jika terjadi sesuatu ada yang membantu.
  15. Saat diperjalanan istirahatlah yang cukup setiap 2 jam sekali agar tubuh kembali fit.
  16. Patuhilah selalu rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan mudik.

Demikian beberapa tips mudik aman pakai sepeda motor yang kami bagikan kepada pemirsa dan jangan lupa sebelum berangkat membaca doa agar diberi keselamatan diperjalanan hingga sampai ketujuan, Selamat mudik dan semoga bermanfaat…..

Iklan

26 comments

  1. Mudik adalah kegiatan yg banyak terjadi dan diterapkan di negara ini. Gampangannya adalah perpindahan dari kota ke desa. Menengok sanak saudara.

    Tips di atas bisa diterapkan. Ketika rumah ditinggalkan sebisa mungkin harus minta dijaga tetangga. Keadaan motor juga harus baik dr segi teknis agar tdk terjadi hal2 yg tdk diinginkan.

    Suka

  2. saya pernah juga mudik pake motor. Sangat bahaya jika capek dan yang dibonceng tidak bisa gantikan. sedangkan kita mau cepat sampe. kadang mau rehat takut telat waktu

    Suka

  3. negara kita memang selalu buat heboh.
    tidak ada satu negarapun yg semeriah negara kita kalau mudik..
    tradisi mudik@ menjadi fenomenal

    Suka

  4. kalau mudik jauh ane sering naik bus mas, dulu sih waktu masih kerja jadi kuli 🙂

    kalau sekarang aih, musiknya ya deket2, paling jauh ya paling beda provinsi aja 🙂

    Suka

  5. Untuk para pemudik yang menggunakan motor sendiri ada baiknya membaca tongkat besi dikhawatirkan bila ada begal yang mengancam

    Suka

  6. Kalo mudik aku pakai mobil saja kang, lebih aman dan juga bisa tidir kalo lelah. Kalo pakai motor kalo lelah memang bisa tidur, tapi hati-hati barang dan motor bisa ilang lho.:)

    Suka

  7. sudah siap mudik nih
    aku biasa mudik setelah selesai shalat ied, tidak jauh hanya butuh waktu lebih kurang 6 jam perjalanan,
    aku pilih setelah selesai shalat ied jd sempat silaturahmi dulu 🙂

    Suka

  8. @Beny Okí,
    Betul mas, segala sesuatunya harus dipersiapkan jika melakukan suatu kegiatan termasuk mudik lebaran pakai sepeda motor

    Suka

  9. @下尺モモ乙Oれモ,
    Jika capek jangan dipaksakan, lebih baik istirahat sebentar dulu baru melanjutkan perjalanan lagi kang 🙂

    Suka

  10. @mas agus,
    betul mas 🙂 tipsnya jadi bertambah sebaiknya kalau istirahat cari tempat yang agak ramai seperti di spbu atau rumah makan

    Suka

  11. Hehehe, seumur-umur saya belum pernah ngerasain mudik.
    Emang, mudik dengan bersepeda motor 'katanya' lebih ngirit. Tapi tetap harus ada persiapan khusus juga, seperti yang agan sampaikan diatas.

    Suka

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s