Cara Membedakan Antara SPBU Milik Pertamina dan Swasta

Soelarblog– Brosist, Sebagai pecinta otomotif tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya BBM tapi bukan Black Berry Messenger lho ya 🙂 melainkan Bahan Bakar Minyak untuk mengisi kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat lalu bagaimana cara mendapatkan BBM? Ya tentunya dengan cara membelinya di pom bensin atau disebut SPBU.

Membicarakan tentang SPBU ternyata usut punya usil eh usut bahwa SPBU yang berlogo Pertamina tidak semuanya dimiliki oleh Pertamina namun sebagian besar dimiliki oleh Swasta. Nah sekarang bagaimana cara membedakan antara SPBU milik Pertamina dan Swasta? Perbedaannya bisa dilihat dari nomor seri SPBU yang biasanya tertulis diatas papan daftar harga BBM yang terpampang didepan setiap SPBU.

Pada angka awal nomor seri SPBU menandakan wilayah operasi pemasaran Pertamina atau juga disebut (MOR) Marketing Operation Region. Contoh untuk MOR dengan nomor angka 3 menandakan kalau SPBU tersebut beroperasi diwilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Kemudian angka kedua pada nomor seri SPBU menandakan jenis SPBU tersebut. Jenis SPBU Rinciannya angka 1 sampai dengan 7 mulai dari COCO, CODO,DODO, SPDN, SPBN, SPBB dan seterusnya. Sebagai contoh, pertama untuk SPBU COCO atau Company Owned Company Operated, artinya SPBU ini murni milik dan dikelola oleh Pertamina Retail.

Kedua SPBU CODO atau Company Owned Dealer Operated artinya SPBU ini milik Swasta atau Perorangan yang bekerjasama dengan Pertamina Retail. SPBU jenis ini dibangun berdasarkan persyaratan yang dimiliki Pertamina Retail.

Kemudian ketiga untuk SPBU DODO atau Dealer Owned Dealer Operated artinya SPBU ini murni milik Swasta atau Perorangan dan segala hal tentang manajemen dikelola oleh Swasta. Terakhir 5 angka berikutnya adalah nomor urut SPBU di wilayah tersebut.

Banyak yang berpendapat bahwa kalau mengisi BBM di SPBU milik Pertamina lebih bagus dibanding mengisi BBM di SPBU milik Swasta secara kualitas BBM, takaran, dan pelayanan lain-lain. Namun itu semua juga tergantung dari pengusaha SPBU Swasta apakah mereka hanya mengejar agar cepat balik modal dengan cara curang atau berjalan sesuai prosedur kerja Pertamina.

Sekarang tinggal memilih mau ngisi BBM di SPBU milik Pertamina atau Swasta? Semua tentunya tergantung Anda yang punya kendaraan bermotor ya, saya tidak berhak untuk memaksa. Semoga bermanfaat…..

spbu-pertamina.jpegcontoh SPBU milik Pertamina

spbu-swasta.jpgContoh SPBU milik Swasta

Iklan

12 comments

  1. Haha. Kalau saya malah tdk berpikir cara mengetahui ya asli atau swasta. Kalau saya sering beli yang eceran, di jual di pinggir jalan tempat tinggalku.

    Kecuali kalau bepergian jauh, bisa mampir ke SPBU. Tapi kini juga ada berita tentang SPBU curang. Katanya SPBU terkait sekarang dinonaktifkan. Miris. 😦

    Suka

  2. waduh ternyata gitu ya
    tapi aku ngisi tidak pilih – pilih pemerintah atau swasta
    tergantung ketemu yang mana duluan aja

    atau pilih yg nyaman aja

    Suka

  3. @Beny Okí,
    Memang sebagian besar SPBU banyak dimiliki swasta, saya kalau isi BBM juga cari SPBU yang terdekat kebetulan juga SPBU nya swasta 🙂

    Suka

  4. @Julaiman,
    terima kasih atensinya:)
    @indra hidayat ,
    ya, maksudnya spbu berlogo Pertamina
    @ Zônâ Mp3 Môvie Gämë Dan
    Stòrý ,
    ya kemarin ada berita sebuah SPBU dijakarta melakukan praktik kecurangan lewat modus tergolong baru

    Suka

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s