Pemerintah Indonesia Mulai Uji Coba Perilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik

motor-listrik-honda-ev-ne.jpg

Soelarblog– Brosist, Perkembangan zaman telah menuntut manusia untuk terus berinovasi dalam segala bidang salah satunya adalah dalam hal alat transportasi, Di Indonesia alat transportasi yang paling populer adalah sepeda motor karena kepraktisannya. Teknologi sepeda motor kini juga semakin berkembang dari yang dulu pakai karburator sekarang sudah pakai sistem injeksi yang diklaim lebih irit dan ramah lingkungan.

Nah dari banyaknya populasi sepeda motor di Indonesia tentunya semua menggunakan bahan bakar fosil yaitu minyak bumi yang diolah menjadi premium, pertamax dan sebagainya. Persediaan bahan bakar fosil Semakin hari semakin menipis karena minyak bumi merupakan energi yang tidak bisa diperbarui.

Karena faktor di atas pemerintah Indonesia mencoba menggulirkan program uji coba perilaku berkendara dengan sepeda motor listrik yang melibatkan kerjasama pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, akademisi (Universitas Indonesia), pihak industri ada (AHM dan PT Telekomunikasi Selular).

Pembukaan Uji Coba Perilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Pudji Hartanto, Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Carlo Manik, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Agustin Kusumayati, Msc. PhD, dan Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwjaya di halaman kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta (2/9/2016).

Dalam hal ini dari pihak industri yaitu PT Astra Honda Motor (AHM) turut mendukung langkah pemerintah dengan menghadirkan 2 unit sepeda motor listrik Honda EV Neo yang dipakai dalam uji coba program perilaku berkendara dengan sepeda motor listrik tersebut.

honda-ev-neo.jpg

Periode program ini akan berjalan pada September-Oktober dengan melibatkan para pengguna sepeda motor di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Metode uji coba dilakukan melalui pengamatan dan pengalaman perilaku berkendara dengan sepeda motor listrik Honda EV Neo yang juga dilengkapi alat pemantau posisi kendaraaan berupa GPS Tracker untuk mempelajari perilaku berkendara pemakainya. Alat pemantau posisi ini disediakan oleh PT Telekomunikasi Selular.

Kalau menerawang program uji coba perilaku berkendara dengan sepeda motor listrik tersebut, Berarti pemerintah yang bekerjasama dengan pihak industri sudah mulai ancang-ancang untuk membuat regulasi atau peraturan tentang sepeda motor listrik dan cepat atau lambat akan mengantarkan kita ke era motor listrik yang lebih ramah linkungan dan polusi suaranya yang menghanyutkan……tak terdengar…..

style-honda-ev-neo.jpg

Iklan

5 comments

  1. Wah ide bagus itu…nah mendingan bikin motor yang seperti ini…..dari pada naik in harga roko…memang benar asap roko berbahaya…tapi polusi kendaraan juga bahaya….info yang mantap gan….mau beli ah motor listrik kalau udah ada hehe

    Suka

  2. @Kenari Paseh,
    Betul Mas, sepeda motor listrik merupakan teknologi yang mau tidak mau harus diwujudkan karena ketersediaan BBM dibumi yang semakin menipis ….

    Suka

  3. Inovasi cemerlang. Ini ide bagus untuk mengurangi pembuangan karbon emisi.

    Semoga motor listrik punya desain yang futuristik biar banyak peminatnya. Powernya juga smg kuat!

    Suka

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s