Fungsi Air Scoop All New Yamaha R15 Ternyata Hanya Sekedar Estetika

Soelarblog- Brosist, Seperti yang telah di ketahui All New Yamaha R15 My 2017 sudah dikenalkan pada 23/01/2017 yang lalu. Membawa segudang pembaruan baik dari desain dan sampai sektor mesin mendapat sentuhan upgrade meskipun masih mengandalkan mesin SOHC dan nyatanya bisa menghasilkan power maksimal setara mesin DOHC. 

Dari sisi garis desain Yamaha mencoba menurunkan garis desain yang sejalan dengan YZR- M1 MotoGP yang  di turunkan pada Yamaha R6 dan Yamaha R15 terbaru ini. Terlihat di tengah-tengah headlamp yang terdapat sebuah lubang Air Scoop. Nah, Air Scoop inilah yang membuat rasa penasaran apakah berfungsi sebagaimana air scoop yang di sematkan pada motosport YZR-M1 dan R6? Jawabanya ternyata tidak berfungsi dan hanya sekedar untuk estetika saja Sob…Sebagaimana dilansir dari Otomotifnet.com berikut ini

Rapat bro ! Enggak terhubung ke air box atau area mesin lainnya. “Iya, memang fungsinya hanya sekadar untuk estetika,” terang Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di sela-sela peluncuran resmi All New Yamaha R15 di Sirkuit Sentul, Bogor, (23/1).

Air scoop pada YZR-M1 atau R6 memang sebuah fitur yang di buat untuk memaksimalkan tenaga atau performa  motorsport tersebut. Namun untuk motorsport ber cc kecil air scoop efeknya tidak terlalu signifikan. Seperti air scoop yang terdapat  pada Yamaha New R15 ini yang dibuat hanya untuk sekedar estetika saja.

Peningkatan performa R15 ini di dapat justru berkat aplikasi mesin terbaru yang menggunakan teknologi mesin Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Kapasitas silinder mesin pada R15 My 2017 juga mengalami kenaikan menjadi 155 cc dari R15 lawas yang hanya 150 cc. Dari pembaruan di sektor mesin tersebut R15 mampu mengeluarkan tenaga maksimal 19,5 dk di 10.000 rpm. Dan torsi maksimal 14.7 Nm di 8500 rpm.

Kemudian ditambah dengan fitur assist & slipper clutch. Sebuah fitur yang biasanya dipakai pada motorsport untuk balap seperti ajang balap MotoGP. Fitur assist membuat pengoperasian kopling jadi lebih ringan. Sedang slipper clutch bisa membuat perpindahan gigi jadi lebih halus, khususnya saat deselerasi. Menariknya fitur assist & sliper clutch merupakan fitur pertama kalinya di Indonesia yang disematkan pada motorsport fairing kelas 150 cc

Alasan logis mengapa Yamaha New R15 My 2017 dikenalkan pada tahun ini. YIMM Sepertinya tak ingin kehilangan moment untuk pengenalan R15 terbaru ini karena spyshoot dari Yamaha R15 My 2017 yang di test di jalanan sudah bocor duluan dan kemudian menjadi perbincangan hangat di media online. Selain  itu Yamaha sepertinya juga ingin meredam hangatnya pemberitaan dari pabrikan Suzuki yang belum lama ini juga mengenalkan motorsport fairing 150 cc. 

Spesifikasi All New Yamaha R15 My 2017
Dimensi 1.990 X 725 X 1.135 mm. 

Tinggi Tempat Duduk 815 mm 

Jarak Sumbu Rod

1.325 mm

Berat 137 kg

Tipe Mesin Liqquid Cooled 4-Stroke, SOHC

Jumlah Silinder Single Cylinder

Volume Silinder

155,1 cc

Bore X Stroke 58 X 58,7 mm

Rasio Kompresi

11,6 : 1

Tenaga Maksimum

14,2 kW (19,5 dk) @ 10.000 rpm

Torsi Maksimum

14,7 Nm @ 8.500 rpm

Sistem Starter Electric

Kapasitas Bahan Bakar

11 Liter

Sistem Pembakaran

Fuel Injection

Clutch Type Wet Type Multi-Plate Clutch

Ukuran Ban Depan

100/80-17 M/C 52P

Ukuran Ban Belakang

140/70-17 M/C 66S

Suspensi Depan

UpSide Down

Suspensi Belakang

Aluminium Rear Arm

Iklan

4 comments

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s