Pesan Broadcast di Whatsapp Tentang Motor Meledak Akibat Handphone di Dalam Jok Ternyata Hoax 

Soelarblog- Akhir-akhir ini beredar pesan broadcast di sebuah sosial messenger yaitu Whatsapp yang isinya tentang sebuah motor meledak akibat menaruh handphone di bawah jok yang disinyalir berdering kemudian terjadi ledakan dan terbakar. Lokasi kejadian menurut isi dari pesan tersebut terjadi di Purwosari, Laweyan, Solo.
Pesan broadcast tersebut sangat meyakinkan karena disertai dengan sebuah foto yang dimana bagian jok ujung depan motor kondisinya sudah terbakar dan terjatuh diaspal. Kalau diperhatikan secara seksama ada yang janggal dari foto tersebut. Ini bisa kita lihat pada area dudukan plat motor yang nihil tanpa plat motor. Kemudian melihat bagian speatbor seperti ciri khas plat nomor negara tetangga yaitu Malaysia. 

Selain beredar di Whatsapp kabar tentang kejadian motor meledak tersebut juga telah menyebar ke sosial media Instragram yang isinya sama dengan yang beredar via Whatsapp dan gambar penampakan motor yang di gunakan juga sama persis.

Karena rasa penasaran karena Saya juga mendapat pesan broadcast tersebut. Kemudian Saya menelusuri kebenaran berita tersebut melalui mbah google dan langsung menemukan kebenaran berita tersebut di laman HarianJogja.com yang menyatakan berita pesan broadcast yang beredar via Whatsapp tentang motor meledak akibat handphone di dalam jok ternyata cuma hoax semata. Sebagaimana di kutip dari HarianJogja.com berikut ini:

Humas Polisi Polsek Laweyan, Aiptu Heriyanto, mewakili Kapolsek Laweyan Kompol Santoso, memastikan kabar terbakarnya sepeda motor akibat ponsel disimpan di dalam jok di Purwosari, Laweyan, Solo, tidak benar atau hoax. Polisi sudah melakukan pengecekan dan hasilnya nihil.

“Kami dua hari yang lalu juga menerima broadcast messages soal itu dengan lokasi wilayah Purwosari, Jatim. Hari ini [Selasa] kembali menerima broadcast messages dengan lokasi Purwosari, Laweyan,” ujar Heri kepada Solopos.com , Selasa (2/5/2017).

Sebagai pembaca yang cerdas sebaiknya menelusuri kebenaran berita tersebut sebelum kita ikut menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya seperti yang disampaikan dari kepolisian yang meminta kepada masyarakat untuk tidak ikut menyebarkan informasi yang belum tentu benar. Heri menyarankan agar warga lebih baik meminta konfirmasi ke pihak terkait dari pada harus ikut menyebarkan berita hoax.

Namun pernyataan lain menyatakan bila kejadian motor bisa meledak akibat menaruh handphone dibawah jok bisa saja terjadi sebab banyak perangkat motor yang berdekatan dengan bagasi motor seperti aki dan juga tangki bahan bakar. Yang bisa memicu terjadinya arus pendek antara frekwensi handphone, aki dan bensin. Sebagaimana pernyataan dari Motorplus.grid.id berikut: 

Warning! Jangan sampai kejadian motor terbakar karena hp.

Info beredar di sosial media terjadi matic terbakar diduga karena si pemilik motor menyimpan HP di boks motor.

Saat motor di parkir di depan Bakso Purwosari, Jawa Tengah, hp berdering dan motor langsung terbakar.

Analisis teknis, menempatkan hp di bagasi motor berpengaruh saat menyala.

Frekwensi yang ditimbulkan akan memantik arus pendek terhadap aki dan bensin.

Terlepas dari benar tidaknya berita tersebut apakah hanya hoax atau memang benar adanya. Lebih baik kita mengantisipasinya dengan tidak menyimpan handphone di bagasi motor dibawah jok saat berkendara dengan sepeda motor ya sob.

Iklan

4 comments

Silahkan di Komentari Brosist....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s